Artikel Inspirasi – Kisah Rusa Yang Membalas Budi

January 13, 2013 § Leave a comment

Kisah ini adalah sebuah cerita dari negeri Tiongkok, yang mengandung pesan moral agar kita semua dapat mencintai semua makhluk hidup tanpa kecuali, karena dengan melakukan demikian, kelak kita pun akan mendapatkan perlakuan serupa.

Artikel Inspirasi – Kisah Rusa Yang Membalas Budi

Angin semilir di hutan yang hijau bertiup melewati bunga-bunga liar yang menghiasi sebuah rumah kecil. Matahari bersinar jauh di atas langit. Tiba-tiba seekor rusa berlari masuk ke halaman rumah, tempat seorang anak laki-laki kecil sedang bermain. Rusa itu menyangkutkan tanduknya ke baju anak tersebut. Ini menakutkan anak itu sehingga dia berteriak, menyebabkan ibunya lari keluar untuk melihat apa yang terjadi. Ibu itu keluar tepat pada saat sang rusa sedang berlari ke gunung membawa anak laki-lakinya.

Tentu saja ibu itu amat kaget. Dia mengejar sang rusa secepatnya, dan tak jauh dari sana dia menemukan anaknya duduk dengan aman di atas rumput. Ketika melihat ibunya datang, anak tersebut tertawa dan mengulurkan tangan ke arahnya. Ibu tersebut menggendong anaknya. Dia sangat lega sampai menangis.

Ibu cepat-cepat kembali ke rumah dengan anak kesayangannya. Ketika sampai, dia tiba-tiba berhenti karena kaget akan apa yang dilihatnya. Pohon besar di belakang rumah mereka telah tumbang ketika dia sedang mengejar anaknya. Seluruh rumah hancur karena bobot pohon tersebut. Tembok-tembok hancur, dan seluruh genteng menjadi bubuk. Ayam-ayam dan anjing-anjing di dalam rumah semuanya mati. Jika saja dia dan anaknya ada di dalam rumah ….

Ibu tersebut kemudian teringat, suatu hari kira-kira setahun yang lalu ada seekor rusa yang lari masuk ke dalam rumahnya untuk bersembunyi dari kejaran seorang pemburu. Dia kasihan pada rusa yang ketakutan itu, sehingga dia menutupinya dengan kain-kain. Ketika pemburu tersebut masuk mengikuti jejak buruannya, dia tidak dapat menemukannya. Dia mengira rusa itu telah keluar dari pintu belakang, maka dia mengejarnya, dan ketika dia telah jauh, amat sangat jauh, ibu itu membuka kain-kain yang menutupi rusa itu dan membiarkannya ke hutan.

Rusa tersebut kelihatannya mengerti ibu itu telah menyelamatkan jiwanya, karena sambil berlalu, dia terus menundukkan kepala, seperti berterima kasih pada sang ibu atas kemurahan hatinya.

Ibu itu tak pernah menyangka kalau rusa tersebut mengingat kebaikkannya. Sang rusa entah bagaimana caranya tahu pohon itu akan jatuh menimpanya, sehingga rusa itu kembali untuk menunjukkan rasa terima kasihnya.

Ketika ibu tersebut mengingat hal ini, dia berkata, “Menyelamatkan nyawa lain sama dengan menyelamatkan nyawa sendiri.

Demikianlah informasi mengenai Artikel Inspirasi – Kisah Rusa Yang Membalas Budi. Semoga bermanfaat :-)

sumber: Artikel Inspirasi – Kisah Rusa Yang Membalas Budi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Artikel Inspirasi – Kisah Rusa Yang Membalas Budi at Kumpulan Artikel Unik Berbahasa Indonesia.

meta

%d bloggers like this: